Friday, September 2, 2016

5 Kebiasaan yang dapat membantu anda "MENGATUR"

Nah, sobat bakso semua hari ini kita membahas tentang kebiasan "Mengatur". Eitttsss jangan salah paham....yang ini bukan berarti sok memerintah namun "Mengatur" teratur untuk menata segalanya. Banyak dari kita yang awal bulan terima gaji pasti banyak keinginan beli ini beli itulah bukan karena keperluan namun karena kepuasan keinginan, di awal bulan foya - foya eh, di penghujung bulan keret alias kanker(kantong kering) sampai-sampai bisa ada yang cuman makan promag wkwkwkwwk....nah maka dari itu kita bakal ngasih tips supaya akhir bulan mu berakhir dengan bahagia ya ^_^

1.Catat keperluan bulan ini
    Biasanya kita jarang melakukan hal ini nih, namun ini adalah cara yang cukup ampuh untuk menata keuanganmu. Biasakan mencatat apa saja kebutuhan bukan keinginan yang pasti kebutuhan primer anda semua seperti perlengkapan mandi, bahan makanan atau keperluan alat tulis anda.

2. Bayar semua tagihan
    Biasanya ini juga merupakan hal yang penting untuk anda bereskan ketika anda memiliki uang, setelah anda mencatat keperluan anda jangan lupa untuk membayar semua tagihan. Tagihan kartu kredit, listrik, atau kredit barang - barang atau jika anda pernah meminjam uang teman  anda bayarlah semuanya dahulu seluruh kewajiban yang harus anda bayarkan lebih dahulu hal ini akan melegakan ketika anda sudah melunasi semua kewajiban anda.

3.Budgeting
   "Budgeting" anda harus bisa menargetkan berapa yang harus anda keluarkan untuk makan, jalan-jalan, belanja keperluan, pulsa, bensin hal - hal semacam ini perlu anda perkirakan dalam seminggu berapa uang yang harus anda keluarkan untuk membeli bahan makanan, pulsa anda untuk satu bulan , bensin berapa kali isi dan berapa uang yang harus di keluarkan.

4.Sediakan Cadangan
    Cadangan, adalah uang yang khusus anda simpan untuk keperluan mendadak, cadangan bukan uang tabungan. Jika anda dalam kondisi yang terdesak anda memiliki uang cadangan yang bisa anda gunakan misalnya tiba - tiba anda sakit dan harus membayar atau menebus obat atau biaya perewatan otomatis anda memerlukan uang untuk biaya perawatan anda, berjaga - jaga.

5.Sisakan & Tabung
    Sisakan uang anda diluar dari segala keperluan anda bahkan dari uang cadangan, sisa dari segala keperluan anda bisa anda gunakan untuk yang lain atau anda bisa menabungkan seluruh sisa uang anda, namun jika anda ingin membagi dua antara tabungan dan uang sisa bisa anda simpan atau bisa anda alihkan untuk keperluan yang lainnya juga.

Nah itu tadi sekian dari langkah - langkah yang mungkin bisa membantu anda bagaimana cara untuk mengatur pengeluaran anda...
Trimakasih

No comments:

Post a Comment